Mudahnya Mengurus e-Passport

Hello Readers,

Kali ini saya akan share pengalaman saya mengurus Elektronik Passport (e-Passport). Konon katanya, untuk pemegang e-passport bisa mendapatkan visa waiver ke Jepang 15hari. Lumayan banget bukan buat kalian yang sudah mengidamkan ingin segera pergi ke Jepang tapi takut tidak dapat visa atau susah mengurus visanya.

Sebenarnya, mengurus e-passport sendiri ini mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bisa dilakukan dalam waktu hanya setengah hari. Saya sendiri mengurus e-passport karena passport saya sudah hampir kadaluarsa, jadi saya sekalian mengganti passport menjadi e-passport. Memang, biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan e-passport ini bisa dibilang 2x lipat dibandingkan dengan passport biasa.

Okay! Saya akan mulai menceritakan bagaimana pengalaman saya membuat e-passport. Sebelumnya, saya sudah browsing bagaimana cara membuat e-passport dan beberapa menyebutkan bahwa stok e-passport kosong. Kanim yang lokasinya dekat dengan rumah saya adalah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Saya coba mengunjungi website Kanim Jakarta Pusat dan ternyata betul stok e-passport di Kanim Jakpus habis dan belum tersedia kembali. Tetapi untungnya di Kanim Jakarta Utara masih tersedia stok e-passport. Yay!๐Ÿ™‚

Saya datang ke Kanim Jakut dengan teman saya (Ani), kami janjian jam 06.00. Kanim Jakut terletak persis dibelakang Mal Artha Gading. Karena beberapa hal, saya terlambat 15 menit dari Ani tetapi antriannya sudah panjang. Kantor imigrasi buka pukul 08.00, tetapi orang-orang sudah mulai mengantri sejak pagi hari. Untuk e-passport ini tidak bisa submit aplikasi online, jadi harus datang langsung ke kantor imigrasi (walk-in proses). Khusus untuk bulan puasa, peserta walk-in dibatasi hanya 60 orang/hari.

Pukul 08.00 kantor imigrasi dibuka, dan kami diarahkan masuk ke tempat duduk yang disediakan guna antri mendapatkan nomor dan verifikasi berkas.ย Ani dapat nomor antrian 21 dan saya nomor antrian 33 (makanya jangan telat guys.. telat 15 menit jaraknya banyak loh. huhu). Kelengkapan yang diperlukan adalah:

  • Fotokopi dan asli Kartu Keluarga
  • Fotokopi dan asli Ijazah
  • Fotokopi dan asli KTP (fotokopi KTP di kertas A4, jangan dipotong)
  • Fotokopi dan asli Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi dan asli passport lama (bagi yang sebelumnya sudah memiliki passport)

Dokumen di fotokopi kertas A4 masing-masing 1 lembar. INGAT, untuk dokumen asli hanya untuk diperlihatkan saja dan tidak untuk diserahkan. Hal berikutnya yang perlu dibawa ada materai 6000 1 lembar. Jika kalian belum fotokopi dan belum mempunyai materai 6000, jangan khawatir di lantai 3 tersedia fotokopian dan jual materai.

Setelah verifikasi data selesai dan mendapatkan nomor antrian, kami mengisi formulir dan meletakan dokumen fotokopi di map yang diberikan oleh petugas pada saat verifikasi data. Kemuadian, menunggu giliran untuk sesi wawancara. Biasanya petugas mencocokan data diri kalian, terutama nama pada saat verifikasi data.

Menunggu untuk sesi wawancara ini lumayan lama, jam 11 Ani baru dipanggil ke dalam untuk wawancara, sedangkan saya dipanggil ke dalam jam 13.00 dikarenakan terpotong istirahat dari jam 12.00 โ€“ 13.00 (sekali lagi.. kalau bisa datang pagi-pagi saja yaa guyss.. ehehe). Untuk sesi wawancara tidak banyak yang ditanyakan, hanya sekedar ditanya mau kemana dan dicek datanya lagi, kemudian langsung foto dan scan sidik jari. Saya agak lama karena tangan saya gampang basah, jadi sering tidak ke detect oleh mesin dan harus diulang berkali-kali L

Setelah proses selesai, petugas akan memberikan kamu kertas yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Pembayaran melalui teller Bank BNI, jadi tidak bayar ke imigrasinya ya guyss. Total biaya yang dikeluarkan untuk membuat passport elektronik adalah sebesar IDR 660.000,- dengan rincian: Biaya paspor IDR 600.000, Jasa TI Biometrik IDR 55.000, dan biaya Bank IDR 5.000. Passpor akan jadi +/- 2 minggu setelah kamu melakukan pembayaran.

Saat ini saya belum mengambil paspor saya, dikarenakan belum 2 minggu. Tunggu update saya selanjutnya yaa๐Ÿ™‚

P.S.

Photo and another things will be updated soon๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

