pantai-pantai indah di Kendari

waktu kecil aku dan keluarga tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara. disana ada 2 pantai yang menurut aku sangat bagus dan indah. kalau lagi dinas atau pergi ke Sulawesi, khususnya Kendari, harus disempetin ke salah satu pantai ini (kalau bisa dua-dua nya aja .hhe) karena gak akan menyesal deh.nih dia nama pantai yang aku rekomendasiin banget buat dikunjungi.

1. pantai tanjung taipa

biasa disebut sebagai semenanjung Taipa. pantai pasir putih yang sangat indah dan masih sangat alami. dahulu pantai itu masih perawan, pemandangannya indah, laut ang biru hingga pasir yang putih. tidak banyak sampah dimana-mana. Pantai Tanjung Taipa terletak kurang lebih 65 Km sebelah Utara Kodya Kendari di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Kendari Sulawesi Tenggara. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri seperti terdapatnya burung maleo yang merupakan ciri khas Sulawesi Tenggara, Gua Golo Oti yang artinya ‘Arus Kering’, kuburan keramat Tokoh Taipa bernama Lasamana, serta tempat yang cocok untuk memancing.  ada  beberapa keistimewaan yang dimiliki Pantai Tanjung Taipa. Selain pasir putih dan pemandangan luas Laut Banda yang menawan, di sekitar pantai ini juga sering dijumpai aktivitas Burung Maleo. Burung endemik Sulawesi bertingkah unik ini akan menemani Anda menghabiskan hari di Pantai Tanjung Taipa.

Lokasi Obyek
Pantai Tanjung Taipa terletak di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Berjarak sekitar 65 kilometer sebelah utara Kota Kendari.

Gambaran Umum
Letak Pantai Tanjung Taipa ini memang relatif lebih jauh dari Kota Kendari dibanding beberapa pantai lainnya. Tapi, Pantai Tanjung Taipa masih menjadi obyek favorit bagi warga Kendari dan sekitarnya.

Pantai ini terbilang indah. Daratan yang landai membentang lalu bertemu dengan gulungan ombak yang jernih. Pasir yang sangat lembut menghampar sedemikian luasnya. Inilah daya
tarik utama pantai yang berada di bibir Tanjung Taipa dan menghadap langsung ke Laut Banda ini.

Di sana, selain rangkaian hiburan musik yang digelar setiap akhir pekan maupun hari-hari libur, Anda juga bisa menjumpai habitat burung Maleo. Ini burung khas Sulawesi. Tubuhnya unik seperti ayam. Maleo juga memiliki perilaku menarik, yaitu menanam telur di dalam pasir.

Ada juga satu tempat menarik yang bisa dikunjungi di sini, yaitu Gua Golo Oti. Dalam bahasa setempat, Tolo ati berarti arus kering. Di dalamnya terdapat makam tokoh bernama Lasamana. Sebagian Warga Tanjung Taipa masih menganggap makam ini sebagai makam keramat..

Akses
Perjalanan ke Pantai Tanjung Taipa dari Kota Kendari hanya memakan waktu 1,5 jam saja. Jalan masuk ke lokasi obyek terletak dekat jalan poros Kendari-Kolaka yang merupakan jalan darat utama menuju Kota Makassar.

Jalan ke arah obyek wisata ini terasa naik turun. Namun tak perlu khawatir, kondisi jalan sudah sangat baik hingga di pintu gerbang. Setelah melalui perjalanan, rasa lelah Anda akan segera terobati oleh keindahan Pantai Tanjung Taipa.

sebagian penjelasan diatas memang aku ambil dari sini , karena aku juga gak terlalu tau gimana spesifiknya dan bagaimana menuju sana. waktu itu aku kesana naik mobil pribadi dan sukses tidur dengan pulesnya karena waktu kecil aku mabok kalo naik mobil (gak bakat banget jadi orang kaya), sekarang pun masih begitu. cuma gara-gara tinggal di Jakarta dan dituntut untuk naik metromini dan kadang suka kena macet sampai berjam-jam, mabok waktu naik mobil pun perlahan-lahan menghilang (thanks God, akhirnya aku bakat juga jadi orang kaya). hhe

2. pantai batu gong

Nama pantai ini memang unik, yaitu Pantai Batu Gong. Masyararakat setempat punya legenda tentang suara gong yang kerap terdengar di pantai itu. Sumbernya, dari gugusan karang yang terlihat di sebelah selatan pantai. Benar atau tidak, yang pasti pantai ini sungguh indah dan alami.

Lokasi Obyek
Pantai Batu Gong terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Berjarak sekitar 17 kilometer sebelah utara Kota Kendari.

Gambaran Umum
Lokasi pantai yang agak jauh dari pemukiman membuat suasana pantai ini terasa lebih sunyi dan alami. Pantai ini menghadap langsung ke Laut Banda yang luas. Sementara di sisi lain, gugusan pegunungan Nipanipa berdiri dengan gagah.

Tentang bunyi gong itu, konon berasal dari gugusan karang yang terlihat di sebelah selatan pantai. Kendati tidak bisa diklarifikasi mengenai bagaimana proses bunyi itu terjadi, warga sekitar pantai dikabarkan sering mendengarnya.

Di pantai ini tersedia beberapa bagunan-bangunan kecil untuk bersantai. Anda bisa menyewa untuk beberapa saat untuk beristirahat dan menikmati pemandangan laut luas nan jernih. Beberapa warung yang menjajakan makanan juga berdiri di tepi pantai.

Akses
Anda dapat menggunakan angkutan umum atau mobil rental untuk sampai ke obyek wisata ini. Tidak jauh.

menurut sumber diatas ,  perjalanan tidak jauh, tapi menurut aku sangat jauh.  dengan jalan yang berkelok-kelok. di Sulawesi juga semua rata-rata berkelok-kelok. apalagi waktu perjalanan menuju Tana Toraja. gak akan mau aku kesana lagi, udah lama banget jalannya belok-belok gak ketulungan, nyampe sana cuma ada gua-gua. tapi, di pantai batu gong ini, perjalanan yang sedikit jauh ini akan sirna begitu melihat pantainya yang aduhaiii..

seandainya main ke Sulawesi lagi, aku bakal main lagi ke dua pantai yang indah ini. tapi kalau disuruh memabandingkan dengan pantai Kuta or whatever lah yang ada di Bali, aku gak bisa bandingin. Kenapa??? “karena aku belum pernah ke Bali”.

6 thoughts on “pantai-pantai indah di Kendari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s