SUKA DUKA AYAM GORENG

Ayam goreng yang biasa dimakan dan terlihat enak, ternyata mempunyai suka duka tersendiri loh. Semua bermula ketika pembantu aku lagi sakit, aku yang gak tau apa-apa tentang seni memasak ayam goreng pun mulai beraksi karena dorongan lapar. Kompor aku nyalain, setelah minyak panas akhirnya aku masukin tuh ayam goreng. Aku kira sama aja layaknya goreng telor, ternyata langsung muncrat-muncrat tuh minyak layaknya petasan. Aku teriak-teriak panik sambil megangin tangan aku yang kecipratan gara-gara gak sempet menjauh. Gimana gak teriak panik, itu minyak gak berenti-berentinya muncrat. Heran, aneh rasanya. Akhirnya pembantu aku dateng gara-gara denger aku teriak-teriak. Dengan penuh perjuangan pake tutup panci gede kayak orang mao perang, kompor berhasil dimatiin ama pembantu aku. Keributan akhirnya reda juga.

Usut punya usut, ternyata aku baru tau kalo masak ayam goreng itu ada seni tersendiri. Ayam goreng kalau digoreng suka muncrat, jadi kalau masak ayam goreng itu langkah-langkahnya adalah :

  1. Tanpa menyalakan kompor, masukkan ayam goreng ke dalam penggorengan yang sudah di angkrengin.
  2. Setelah itu, tutup dengan tutup panci supaya kalo meletus bisa ketahan ama tuh tutup panci.
  3. Nyalakan kompor, gunakan api kecil biar intensitas letusan gak terlalu besar dan dahsyat. (hhehe)
  4. Kalo mao ngebalik ayam goreng, matiin dulu kompornya, atau seenggak-enggaknya kecilin pake api paling kecil baru deh dibalik.

Nah, itu dia trik aman menggoreng ayam yang aku tau hari itu. Mungkin kebanyakan dari orang semua udah tau, apalagi yang udah profesional di bidang masak- memasak. Tapi buat aku yang bisa dibilang belum bisa masak, itu merupakan satu pelajaran yang berharga banget.

Aku jaditau, ternyata dibalik kelezatan ayam goreng yang begitu menggoyang lidah, menyimpan sesuatu yang gak disangka-sangka. Menggorengnya itu loh setengah mati sampe meletus-meletus gitu. Itu baru goreng, belum lagi harus bikin bumbunya ya. Aku jadi tertarik buat belajar masak nih. Kayaknya enak dan menantang. Apalagi cewek kan emang harus bisa masak biar bagaimana pun. Contohnya aja nih, mentri keuangan dan perekonomian negara kita, ibu sri mulyani, meskipun sesibuk apapun tapi tetep aja beliau menyempatkan diri buat masak untuk keluarganya. Semoga aja deh, aku bisa masak dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s